Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Manfaat Cabai dalam Masakan dan Bagi Kesehatan

Pintarkan - Cabai banyak digunakan sebagai bumbu dalam beragam hidangan Nusantara. Rasa dan tingkat kepedasan dari cabai ini sangat bervariasi. Sering digunakan dalam berbagai sajian, sudahkah Anda mengetahui manfaat dari cabai itu sendiri? Berikut ini 5 manfaat dari cabai dalam masakan maupun bagi kesehatan. 

1. Sebagai Pewarna Makanan Alami

Kandungan karotenoid pada cabai menghasilkan warna merah yang efektif digunakan pada berbagai masakan. Zat pewarna pada cabai ini merupakan pewarna alami yang tidak beresiko dan aman digunakan untuk membuat penampilan makanan menjadi menarik. 

Untuk memberikan warna merah yang menarik pada balado, nasi goreng hingga ceker setan, cabai digunakan sebagai pemberi warna makanan yang menarik. Tentunya, sekaligus pemberi rasa pedas. Bahkan untuk masakan berwarna oranye, cabai bisa dikombinasikan dengan kunyit. Seperti warna oranye pada gulai dan tom yum. 

2. Memberikan Rasa Pedas

Saat memasak, cabai paling dicari sebagai penambah rasa pedas masakan. Apalagi untuk lidah Indonesia, rasanya kurang mantap kalau lauk yang kita makan tidak ada pedas-pedasnya. Rasa pedas ini juga dikategorikan sebagai penyempurna rasa. Tentunya kurang nikmat jika makan nasi goreng tanpa ada sedikit rasa pedas, begitu pun dengan makanan-makanan lainnya. 

3. Mengandung Berbagai Vitamin dan Mineral

Cabai kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Namun, karena cabai hanya dimakan dalam jumlah kecil, kontribusi cabai terhadap asupan harian Anda sangat kecil. Berikut nutrisi baik dalam cabai: 

  • Vitamin C. Cabai sangat tinggi dalam antioksidan kuat ini, yang penting untuk penyembuhan luka dan fungsi kekebalan tubuh. 
  • Vitamin B6. Sebagai keluarga vitamin B, B6 berperan dalam metabolisme energi.
  • Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K1 sangat penting untuk pembekuan darah dan tulang dan ginjal yang sehat. 
  • Kalium. Mineral makanan esensial yang melayani berbagai fungsi, kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung bila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. 
  • Vitamin A. Cabai merah tinggi beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Capsaicin yang terdapat pada cabai membirikan sensasi pedas, sehingga meningkatkan laju pemanasan seluruh tubuh Anda. Ini juga mengaktifkan neuron sensorik yang membantu menjaga lemak agar tidak menumpuk dan mengendalikan nafsu makan Anda. Capsaicin pada cabai juga mempercepat metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. 

5. Membakar lemak tubuh

Makan secukupnya makanan pedas dengan cabai, dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan capsaicin pada cabai yang mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. 

Selain itu, cabai juga membantu detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu, vitamin yang terdapat pada cabai juga mampu meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam jaringan tubuh. 

Itulah beberapa manfaat dari cabai yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Untuk mendapatkan cabe dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan Anda membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya. 

Selain cabai, Anda juga dapat membeli aneka produk kebuthan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar

10 Komentar


  1. Very nice and informative article. Thanks for sharing this amazing article. Also check my website
    Your article is very helpful and very Good

    BalasHapus

  2. Marvelous work! Every one of you complete an unfathomable blog, and have some extraordinary substance. Keep doing stunning

    BalasHapus
  3. thanks for sharing this type of useful articles to read, keep it up and all the best

    BalasHapus
  4. I truly appreciate individuals like you! Take care!!

    BalasHapus
  5. Valuable info. Thanks I discovered this awesome website

    BalasHapus
  6. Please keep us up to data like this. Thanks for sharing and Keep on writing

    BalasHapus
  7. I’m glad to read this article. The website style is perfect, I'll support your articles

    BalasHapus
  8. It was definitely informative article you've done. This site is very useful

    BalasHapus
  9. It's on a entirely different subject but it has pretty much the same layout and design. 카지노사이트

    BalasHapus